イズリイハの世界へようこそ Untuk mereka yang mengagumi Japanese Culture dan Legends of Japanese Culture :v

Onmyouji

             


PENGERTIAN UMUM ONMYOUJI

Onmyōji ( 陰陽師 ) adalah spesialis dalam sihir dan ramalan. Onmyōji (dikenal juga In'yōji), adalah salah satu klasifikasi dari pegawai negeri milik Biro Onmyō dalam sistem ritsuryo Jepang kuno. Orang dengan gelar ini merupakan praktisi profesional Onmyōdō. tanggung jawab kepengadilanan mereka berkisar mulai dari tugas menetapkan kalender, meramal, perlindungan dan pengusiran roh-roh jahat dari ibukota. Mereka dapat menerka pengaruh baik atau buruk di bumi (Fengshui), dan berperan dalam membimbing ibukota dan penduduknya sekitar agar terhindar dari kesialan atau hal spiritual yang merugikan.
Selama periode Heian para bangsawan mengorganisir hidup mereka berdasarkan ramalan Onmyōji. Contohnya adalah Fengshui keberuntungan dan tidak kesialan tergantung dari musim, waktu, hari, dan keadaan lainnya yang menentukan nasib mereka. Dikatakan juga bila rumah seseorang berada di suatu tempat dan untuk mencapainya biasanya membutuhkan 5 menit, demi keberuntungan di hari mendatang dia harus mengambil rute lain yang jaraknya lebih jauh atau lebih dekat sebagai persyaratan mendapat keberuntungan. Situasi ini begitu menuai antusiasme penduduk masa itu, bahkan ada yang sengaja tidak datang ke pengadilan atau suatu undangan khusus karena ramalan Fengshui ini.
Masih dalam periode Heian, Onmyōji memiliki kekuatan politik selama masa ini. Namun saat kekuasaan kaisar jatuh secara otomatis perlindungan kenegaraan mereka hilang seutuhnya. Di zaman modern ini Onmyōji memiliki peran sebagai pendeta Shinto, meskipun banyak yang mengaku sebagai mediator spiritualis, Onmyōji masih identik dengan hal-hal mistis dan spiritual.
Adapun beberapa istilah yang ada dalam praktik Onmyōji yaitu :

1. Onmyou ( 陰陽 ) yaitu  bahwa  penciptaan  dan  kehancuran  segala sesuatu di dunia merupakan siklus Yin (bayangan) dan Yang (cahaya).
2. Gogyou ( 五行 ) yaitu bahwa semua hal yang ada di dunia ini dapat dijelaskan dengan lima elemen utama yang terdapat di alam.
3. Fuda/ofuda ( ) yaitu kertas mantra yang biasa digunakan sebagai penjaga, penyegel atau perantara dari sihir yang digunakan. Kertas ini bisa dibilang sebagai senjata utama dan ciri khas dari Onmyōji.
4. Shikigami/Shikijin  yaitu  roh  halus  yang  digunakan  sebagai  pelayan atau bahkan sebagai senjata seorang Onmyouji ( 陰陽師 ), shikigami bisa berbentuk apa saja mulai dari hewan sampai wujud manusia. Biasanya pada saat mengusir roh jahat, Onmyōji menggunakan shikigami sebagai pengintai atau pengulur waktu agar sang Onmyōji dapat mengucapkan mantra yang tepat dan menyegel roh jahat tersebut.
5.   Mitsu-In yaitu posisi tangan dan jari yang dilakukan ketika seorang Onmyouji akan mengucapkan mantera.
6.   Sakanagi   merupakan   konsekuensi   dari   sihir   atau   mantera   yang dilakukan oleh Onmyouji. Bila tidak hati-hati, Onmyouji yang melakukan sihir dapat tewas karena Sakanagi-nya. Karena inilah ada beberapa ritual yang dilarang dilakukan sendiri atau bahkan benar-benar dilarang dilakukan.

ONMYOUDOU, ILMU YANG DIPELAJARI ONMYOUJI
Para Onmyōji menggunakan ajaran Onmyōdō ( 陰陽道 ) atau biasa disebut “The Way of Yin and Yang”, adalah kosmologi esoterik tradisional Jepang yang merupakan campuran ilmu alam dan okultisme. Hal ini didasari oleh filosofi cina yaitu Wu Xing (5 elemen) dan Yin Yang, dan ajaran ini diperkenalkan pada Jepang sekitar awal abad ke-6. Ilmu ini diterima dan dipraktikan sebagai sistem ramalan. Praktik-praktik ini pun dipengaruhi ajaran Taoisme, Budisme, dan Shintoisme yang kemudian berevolusi menjadi sistem Onmyōdō sekitar akhir abad ke-7.
Karena dasar ilmu tersebut berasal dari Cina, maka orang Jepang melakukan sinkretisme atau memadukan unsur -unsur ilmu tersebut sehingga jadilah Onmyōdō ala Jepang. Onmyōdō Jepang mengambil unsur-unsur dari Taoisme yang menular ke Jepang pada saat yang sama sebagai Onmyōdō termasuk unsur magis seperti katatagae, monoimi, henbai, dan upacara Taoistik seperti Taizan Fukunsai. Seni medis jukondō pun diikutsertakan sebagai Onmyōdō Jepang. Dari akhir abad ke-8 dan seterusnya, Onmyōdō Jepang  dipengaruhi unsur-unsur magis Buddhisme esoteris dan astrologi India yang diturunkan (Sukuyōdō ) yang ditransmisikan dengan itu.
Onmyōdō berada dibawah kendali pemerintah kekaisaran, dan keluarga Tsuchimikado sampai pertengahan abad ke-19 dimana praktik ini menjadi illegal karena dianggap takhayul.
           



SEJARAH PERKEMBANGAN ONMYOUDOU
Pada abad ke-5 dan 6, prinsip-prinsip yin-yang dan Lima Elemen yang ditransmisikan ke Jepang dari China bersama dengan Buddha dan Konghucu. Yin-yang dan Lima Elemen, serta divisi pembelajaran mereka yang terkait astronomi, putusan kalender, perhitungan waktu, ramalan, dan studi berdasarkan pengamatan alam yang digabung menjadi meramal. Proses ini menilai tanda-tanda menguntungkan atau merugikan dari alam dan diterima ke dalam masyarakat Jepang sebagai suatu teknik untuk memprediksi nasib baik atau buruk di dunia manusia. Teknik-teknik tersebut kebanyakan dikenal oleh para biksu Budha dari daratan Asia yang luas dalam membaca dan menulis Cina. Seiring berjalan waktu, permintaan ramalan dari anggota istana kekaisaran yang percaya bahwa ramalan Onmyōdō akan membantu dalam pengambilan keputusan membuat awam ingin belajar untuk melakukan praktik Onmyōji, dan Onmyōji mulai muncul sekitar pertengahan abad ke-7.
Dengan pelaksanaan kode hukum sistem ritsuryo pada abad 7 dan 8, teknik Yin Yang diawasi oleh yurisdiksi Biro Onmyō yaitu Onmyō-ryo ( 陰陽 ) yang bertempat di Nakatsukasa-Sho bagian birokrasi Imperial. Biro Onmyō bertanggung jawab untuk mengawasi ramalan dari Onmyōdō, pengamatan astrologi, dan penciptaan kalender. Namun karena hukum ulama Budha melarang untuk berlatih/mempraktikan astrologi dan meramal, Onmyōji dikuasai pemerintah untuk memonopoli praktiknya.
Menurut ensiklopedia dari Shinto, dulu ada yang namanya teori onmyō  onmyō shisō dan juga onmyōgaku (pembelajaran tentang onmyō), namun Onmyōdō yang sesungguhnya ditemukan dan disebarkan oleh keluarga Kamo dan Abe sebagai pewaris ilmu sihir dari sekitar abad ke-10. Onmyōdō harus dianggap merujuk pada penganut dan penyelenggara kegiatan pejabat yang berasal dari Onmyōryō, secara teknis mereka memiliki etika sendiri dalam melakukan praktik sihir dan semuanya diawasi agar tidak menjadi malpraktik.
Masih di abad ke-10, upacara Onmyōdō dikenalkan sebagai ritual perlindungan pribadi untuk kaisar yang kemudian mengarah pada penetrasi mendalam pada masyarakat kelas atas dibawah kaisar. Dari catatan yang tersisa, dikatakan bahwa ritual-ritual dulu berupa pemanjatan doa yang diarahkan pada benda langit sebagai doa kebahagiaan dan umur panjang, atau ada pula berupa tolak bala.
Perkembangan ritual  Onmyōdō tidak terjadi atas sponsor dari Negara, melainkan hasil dari popularitas yang diceritakan dari mulut ke mulut dari orang yang ingin melakukan ritual ini demi berkah dan kesejahteraan individu.

METODE PERAMALAN OMNYOUDOU
Tentunya para Onmyōji memiliki cara sendiri dalam meramal dan mengusir roh jahat, dan berikut adalah metode yang mereka gunakan dalam praktiknya :

-          RIKUJIN - SHIKISEN  ( 六壬式占)
Shikisen digunakan secara luas oleh praktisi Onmyōdō pada periode Nara sampai pertengahan abad-16 dimana metode ini digantikan oleh ekisen (buku perubahan).


-          OFUDA  ( 御札 atau お札 ) / OMAMORI  ( お守り atau 御守 )
Ofuda adalah jimat yang biasa digantung dirumah untuk perlindungan. Hal ini dilakukan demi menjaga keluarga di rumah tersebut dari bahaya umum, seperti penyakit. Ofuda biasanya diletakan di dekat benda tertentu atau ruang tertentu demi menghindari datangnya ketidakberuntungan yang berasal dari tempat tersebut.
Omamori merupakan Ofuda yang bisa dibawa, biasanya Omamori digantung di tas, di ponsel, di mobil, dan tempat lainnya. Dalam anime biasanya jimat ini diberikan untuk seseorang yang spesial atau orang yang disukai.

-          TAIJOU SHINSEN CHINTAKU REIFU  ( 太上神仙鎮宅霊符 )
Merupakan jimat yang paling sering ditemukan dalam Onmyōdō, jimat ini merupakan kumpulan dari 72 jimat yang memiliki arti “Jimat Numinus dari Roh Agung Abadi untuk Menenangkan Rumah Tangga”. Sebenarnya jimat ini merupakan jimat Taoist yang dikenal "Tai Shang Lao Jun Zhen Zhai Qi Shi Er Ling Fu".
Ke-72 jimat ini melindungi orang-orang dari ketidakberuntungan seperti menangkal kutukan dari hantu yang bunuh diri, melindungi rumah tangga dari sakit/perampokan/kesulitan ekonomi, dan lain-lain.

-          KUJI - IN  ( 九字印 ) / KUJI - KIRI  ( 九字切り )
Disebut juga “9 suku kata dan 9 potongan simbolik” yang terdapat pada teknik Onmyōdō. Teknik Kuji pertama dikenalkan di naskah Taoist “Baopuzi” ( 抱朴子 ), sebuah buku yang ditulis Ge Houng.
Dan inilah sebenarnya yang disebut ninjitsu, karena kebanyakan orang salah mengerti kalau ninjutsu merupakan aliran Ninja.

-          KOUSHIN  ( 庚申 )
Adalah kepercayaan rakyat  di Jepang dengan asal-usul Tao Cina. Dalam Taoisme, dikenal sebagai Shou Geng Shen. Ada sebuah acara khusus terkait kepercayaan ini yang disebut Kōshin-kō ( 庚申講 ), acara ini diselenggarakan pada hari Kōshin yang terjadi setiap 60 tahun sekali sesuai dengan kalender siklus yg berumur 60 tahun. Ketika orang-orang berkumpul dan bertemu, mereka pun begadang semalaman untuk mencegah dari Sanshi.
Dulu Kōshin menjadi sebuah kepercayaan, namun berhasil dilengserkan pada masa pemerintahan Meiji oleh kepercayaan Shinto. Kepercayaan Kōshin saat ini masih ada, namun kurang popular di kalangan masyarakat. Kepercayaan Kōshin dilambangkan oleh tiga monyet yang masing-masing menutup indra yaitu mulut, mata, dan telinga (Iwazaru, Mizaru, Kikazaru). Hal ini tidak begitu jelas mengapa tiga monyet menjadi bagian dari kepercayaan Kōshin, tetapi diasumsikan bahwa itu adalah karena para Sanshis, dan 10-Tei tidak melihat, berbicara, ataupun mendengar keburukan seseorang.

TOKOH ONMYOUJI
Ada beberapa tokoh terkenal yang sering disebut dalam film, anime, ataupun drama mengenai Onmyōji, dan berikut adalah 3 tokoh yang paling berpengaruh dalam bidang Onmyōji :

1.      Abe no Seimei ( 安倍晴明 ), 21 Februari 921 - 31 Oktober 1005
Adalah seorang Onmyōji yang merupakan spesialis terkemuka Onmyōdō selama pertengahan Periode Heian. Di Jepang selain menonjol dalam sejarah , dia tokoh legendaris dalam cerita rakyat Jepang dan telah digambarkan dalam sejumlah cerita dan film.
Seimei bekerja sebagai Onmyōji untuk kaisar dan pemerintah Heian, membuat kalender dan memberi nasihat tentang cara yang benar dalam hal  kerohanian untuk menangani masalah. Dia berdoa untuk kesejahteraan kaisar dan pemerintah serta memberi nasihat tentang berbagai isu. Dia juga seorang peramal dan memprediksi peristiwa astrologi. Dia menikmati kehidupan yang sangat panjang, bebas dari penyakit besar, yang memunculkan kepercayaan populer bahwa ia memiliki kekuatan mistis.
Kuil Seimei yang terletak di Kyoto, adalah tempat suci populer yang didedikasikan untuk dirinya. Menurut rumor, stasiun kereta api dan distrik Abeno di Osaka dikatakan dinama untuk mengenang jasanya, karena merupakan salah satu lokasi legendaris yaitu tempat kelahirannya.



2.      Kamo no Yasunori ( 賀茂保憲 )
Adalah Onmyōji yang mempraktikan Onmyōdō , selama periode Heian di Jepang . Dia dianggap perdana menteri Onmyōji pada masanya. Yasunori adalah anak dari seorang Onmyōji bernama Kamo no Tadayuki. Menurut kisah di Konjaku Monogatarishū, pada usia sepuluh tahun Yasunori menemani ayahnya untuk megusir roh jahat, di mana ia mampu merasakan kehadiran roh jahat itu. Dia memang berbakat karena tidak perlu melakukan pelatihan resmi seperti yang dilakukan ayahnya Tadayuki.
Dia kemudian mengajar Abe no Seimei seni Onmyōdō, dan Seimei menjadi penggantinya di astrologi dan ramalan sementara anak Yasunori menggantikannya dalam penciptaan kalender. Selama beberapa abad sesudahnya, klan Abe dikendalikan kementerian pemerintah Onmyōdō, sedangkan klan Kamo menjadi penjaga turun-temurun dari kalender. Lain halnya dengan putri kedua Yasunori yang memilih menjadi penyair terkenal.
Kematian Yasunori dijadikan plot cerita di pertunjukan kabuki Ashiya Doman Ouchi Kagami. Dalam pertunjukan, ia adalah pemilik Kin'u Gyokuto Shu , buku ramalan yang diturunkan dari penyihir Cina.

3.      Tsuchimikado ( 土御門天皇 ), 3 Januari 1196 - 6 November 1231
Bila pembaca gemar menonton anime tentang Onmyōji pasti pernah mendengar nama Tsuchimikado. Tsuchimikado adalah kaisar Jepang ke-83 menurut the traditional order of succession. Pemerintahan Tsuchimikado membentang bertahun-tahun dari 1198 sampai 1210. Pada 1198, ia menjadi kaisar pada pelepasan Kaisar Go-Toba , yang terus melaksanakan kekuasaan Imperial sebagai kaisar tertutup. Nama pribadinya adalah Tamehito-Shinnō ( 為仁親王 ), ia adalah anak sulung dari Kaisar Go-Toba dan Ariko ( 在子 ) yang merupakan putri dari Minamoto no Michichika ( 源通親 ). Karena kekaisarannya inilah yang membuatnya berkuasa atas Onmyōji.

LEGENDA ABE NO SEIMEI
Sebagai seorang yang terkenal dalam bidang Onmyōji, Abe no Seimei tentu memiliki berbagai cerita baik dari teater kabuki sampai film yang menceritakan tentang dirinya. Maka dari itu, berikut saya sertakan mengenai hidup Abe no Seimei.
Kisah hidupnya tercatat dengan baik di sejarah Jepang. Tidak berapa lama setelah kematiannya, banyak muncul legenda mengenai dirinya terutama di Konjaku Monogatarishū, dimulai dari periode Edo sampai sekarang yang mengisahkan tentang kisah heroiknya.
Abe no Seimei adalah keturunan dari penyair Abe no Nakamaro juga murid Kamo no Tadayuki dan Kamo no Yasunori dimana pada masa itu merupakan peramal abad ke-10 dari pengadilan Heian. Dia menjadi pengganti Kamo Yasunori ada di astrologi dan ramalan, sementara anak Yasunori mengambil tanggung jawab yang lebih rendah yaitu merancang kalender. Tugas Seimei ini termasuk menganalisa kejadian aneh, melakukan eksorcisme, menangkal gangguan roh jahat, dan melakukan berbagai ritual geomansi . Dia dikatakan terampil dalam meramalkan jenis kelamin janin dan menemukan benda-benda yang hilang. Menurut Konjaku Monogatarishū, dia memprediksi pelepasan Kaisar Kazan berdasarkan pengamatan fenomena angkasa dengan tepat.
Reputasi Seimei cukup berkembang, hingga pada akhir abad ke-10 Onmyōryō (kementerian pemerintah Onmyōdō) dikendalikan oleh klan Abe. Klan Kamo juga menjadi penjaga turun-temurun dari penanganan kalender.
Simbol mistis berupa bintang berujung lima berjarak sama disebut (di Barat sebagai pentagram) dikenal di Jepang sebagai Seiman atau “Segel Abe no Seimei”. Menurut legenda, Abe no Seimei itu tidak sepenuhnya manusia. Ayahnya Abe no Yasuna adalah manusia, namun ibunya Kuzunoha adalah Kitsune. Pada usia yang sangat dini, Seimei diduga mampu memerintah Oni (iblis) yang lemah. Ibunya mempercayakan Seimei pada Kamo no Tadayuki agar Seimei menjalani kehidupan manusia yang normal dan tidak menjadi jahat dengan kemampuannya.
Pada Periode Heian saat Seimei hidup, adalah masa yang damai. Banyak legenda berkisar serangkaian pertempuran magis antara dia dengan saingannya Ashiya Doman (蘆屋道満) yang sering mencoba mempermalukan Seimei sehingga Doman bisa merebut posisinya. Ada satu cerita rakyat mengenai Doman dan Seimei saat muda dalam duel meramal untuk mengungkapkan isi kotak tertentu. Doman melakukan kecurangan dengan menyuruh orang lain untuk menempatkan 15 jeruk mandarin ke dalam kotak dan meramalkan bahwa ada 15 jeruk di dalamnya. Namun Seimei melihat kecurangan itu melalui “penglihatannya” dan mengubah jeruk menjadi tikus, kemudian dia menyatakan bahwa 15 tikus berada di kotak. Ketika tikusnya terungkap, Doman terkejut dan dikalahkan.
Seimei terlibat dalam berbagai cerita lain juga. Dia muncul sebagai karakter minor dalam Heike Monogatari dan dikatakan bertanggung jawab untuk meramalkan lokasi iblis yang kuat Shuten-doji, yang konon dibunuh oleh Minamoto no Yorimitsu. Menurut rumor juga dia adalah Onmyōji yang menemukan wujud sebenarnya dari Tamamo no Mae, meskipun waktu cerita Tamamo no Mae tidak bertepatan dengan umur hidup Seimei.

KARYA ABE NO SEIMEI
Abe no Seimei membuat 2 buku semasa hidupnya, yang keduanya ditulis dalam bentuk Kanji, dan karakter Cina. Kedua buku tersebut yaitu :

-          Senji Ryakketsu (占事略决)
“Ringkasan Penghakiman dari Ramalan”, adalah salah satu teks yang ditulis Abe no Seimei. Teks berisi 36 bab (36 teknik meramal), dan total 9000 Karakter Cina. Banyak dari ramalan ini berhubungan dengan kehidupan sehari-hari normal seperti menentukan jenis kelamin janin, menemukan benda yang hilang atau hilang, dan saran tentang cara untuk memimpin kehidupan pribadi seseorang.

-          Kinugyokutoshū (金烏玉兎集)
"Kitab gagak emas dan kelinci giok", adalah buku yang paling penting dari Onmyōdō. Untuk orang cina sendiri dikenal sebagai “簠簋 ”. Pengucapan dari " 玉兔" (Gagak Emas, dan Kelinci Giok) ditulis dalam buku Huai Nan Zi ( 淮南子 ), salah satu filosofis klasik Cina Kuno.
Judul "金烏玉兎集" memiliki makna tersembunyi. 金烏 - Gagak Emas (atau gagak berkaki 3) yang berarti matahari, dan 玉兎 - Kelinci Giok yang berarti Bulan. Dari penjelasan ini, mereka mewakili Yin dan Yang, karena makna tersembunyi dari Kinugyokutoshū " " adalah "Buku dari Yin dan Yang".






















 ONMYOUJI DALAM ANIME
Mungkin para pembaca sudah tidak asing dengan “Anime”, animasi khas Jepang yang satu ini sudah terkenal di dunia dan bahkan di Indonesia. Anime sering menceritakan kisah mulai dari sejarah hingga kisah fantasi. Karena itu, berbagai kisah mengenai Onmyōji pun turut mewarnai dunia Anime. Berikut merupakan beberapa anime yang menceritakan, atau mengandung unsur Onmyōji :

1.      Nurarihyon no Mago ( ぬらりひょんの孫 )
Merupakan seri Manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiroshi Shiibashi. Diadaptasi menjadi anime oleh studio Deen pada 5 Juli 2010.
Anime ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Rikuo Nura, dia merupakan manusia dengan komposisi 3/4 manusia dan 1/4 yōkai. Pada siang hari dia berwujud manusia, namun pada malam hari dia berubah menjadi yōkai. Dia merupakan cucu dari Nurarihyon ( ぬらりひょん ) yang merupakan yōkai seutuhnya, dan Nurarihyon ingin agar Rikuo menjadi penerus klan Nura generasi ke-3.
Di Jepang, yōkai adalah sebutan untuk siluman. Pada zaman dulu, manusia dan siluman hidup bersama, namun banyak sekali yōkai yang menggangu manusia. Karena itu dalam anime ini ada sebuah klan Onmyōji bernama klan Keikain. Keikain merupakan penjaga segel di Kyōto, tugas utama mereka adalah memburu yōkai yang menggangu manusia pada masa itu. Keturunan mereka telah dikutuk agar seluruh anak laki-laki meninggal cepat dan tragis, sehingga orang-orang dari keluarga cabang diadopsi ke keluarga utama.
Salah satu karakter Onmyōji dari keluarga ini adalah Keikain Yura ( 花開院 ゆら ). Yura merupakan Onmyōji yang berbakat dalam bidang pemanggilan shikigami, dia dapat memanggil 4 shikigami sekaligus dan dia menganggap semua yōkai adalah makhluk yang jahat. Dia berencana menghabisi Nurarihyon dan mengambil posisi sebagai kepala klan selanjutnya.

2.      Tokyo Ravens ( 東京レイヴンズ )
Adalah seri novel ringan yang ditulis Kohei Azano dan diilustrasikan oleh Sumihei. Diadaptasi menjadi seri Manga pada tahun 2010, dan menerima seri animenya pada 9 Oktober 2013.
Anime ini menceritakan keadaan Jepang masa kini namun terdapat banyak Onmyōji dan bermacam modernisasi seperti shikigami berupa robot, biro Onmyōji yang terorganisir layaknya FBI, dan adanya akademi Onmyōji yang melatih para Onmyōji muda.
Dalam anime ini keseluruhannya memang menceritakan Onmyōji. Karakter utamanya yaitu Harutora Tsuchimikado yang merupakan reinkarnasi dari Yakou Tsuchimikado (Bapa dari Onmyōdō modern dan Onmyōji jenius yang berjasa dalam perang pasifik), disembunyikan oleh ayahnya dengan hidup di keluarga cabang. Klan Tsuchimikado sepertinya menyadari hal ini dan sengaja melakukannya agar Harutora aman dari tangan organisasi sesat nan fanatik bernama Sindikat Tanduk Kembar.
Harutora memiliki shikigami bernama Kon, namun sebenarnya dia adalah keturunan dari Kuzunoha (ibu dari Abe no Seimei). Kekuatan Kon disegel bersamaan dengan kekuatan Yakou yang bersemayam dalam tubuh Harutora.



3.      Sōsei no Onmyōji ( 双星の陰陽師 )
Merupakan Manga fantasi-supernatural karya Yoshiaki Sukeno. Diceritakan seorang anak bernama Rokuro Enmadō, adalah anak muda yang ingin menjadi Onmyōji terkuat dan membasmi seluruh iblis yang ada yang disebut Kegare. Namun sebuah kejadian tragis yang menewaskan teman-temannya dan membuatnya meninggalkan profesi sebagai Onmyōji. Suatu hari, ia memiliki pertemuan dengan Benio Adashino, seorang gadis seusianya sekaligus Onmyōji terkenal dari timur. Menurut ramalan, Rokuro dan Benio adalah "Twin Star Exorcist", dan ditakdirkan untuk menikah dan memiliki anak yang akan menjadi pengusir setan utama (miko) yang konon mampu membersihkan semua roh-roh jahat, atau Kegare, dari dunia.

Dalam anime ini Onmyōji lebih difokuskan pada kegiatan pengusiran roh jahat ”Exorcist”, dan tentu saja nama Tsuchimikado dan Abe no Seimei tak luput dari bagian cerita pada anime ini. Nama Tsuchimikado digunakan oleh pemimpin tertinggi lembaga Onmyōji yaitu Tsuchimikado Arima.

Onmyouji (Sousei no Onmyouji)


Onmyouji (Tokyo Ravens)

Galeri

OFUDA

OMAMORI

TAIJOU SHINSEN CHINTAKU REIFU

KUJI-IN / KUJI-KIRI

IWAZARU, MIZARU, KIKAZARU

ABE NO SEIMEI

KAISAR TSUCHIMIKADO

SEGEL ABE NO SEIMEI

KUIL ABE NO SEIMEI

Komentar

Posting Komentar